Tuesday, April 12, 2011

YES 118 ( Yogyakarta Emergency Services ) 

  1. Apakah EMSS itu ?
    EMSS (Emergency Medical Services System) merupakan program Pemerintah Kota Yogyakarta yang bertujuan memberikan pelayanan kegawatdaruratan medis yang terjadi di masyarakat di wilayah kota Yogyakarta secara cepat dan tepat.
  1. Apakah YES 118 ?
    YES 118 ( Yogyakarta Emergency Services ) adalah sebutan untuk Pelayanan EMSS di kota Yogyakarta
  1. Mengapa perlu dibentuk YES 118 ?
    YES 118 dibentuk didasari kenyataan bahwa masih ada pasien gawat darurat yang tidak tertangani dengan cepat dan tepat.
  1. Kapan mulai ada pelayanan YES 118 ?
    Pelayanan YES 118 dimulai tanggal 1 Nopember 2008 dan diresmikan oleh Walikota Yogyakarta pada tanggal 12 Nopember 2008.
  1. Siapa saja yang terlibat dalam YES 118 ?
YES 118 melibatkan PMI Cabang Kota Yogyakarta, Pusat Bantuan Kesehatan (Pusbankes) 118 DIY, Kepolisian, Rumah Sakit Umum di wilayah Kota Yogyakarta dan instansi Pemkot lainnya.
  1. Apa Visi YES 118 ?
Visi dari YES 118 adalah terwujudnya jaringan pelayanan gawat darurat di kota Yogyakarta yang terintegrasi dengan sistem regional, DIY dan Nasional.
  1. Apa tujuan umum YES 118 ?
Tujuan umum YES 118 adalah terwujudnya suatu sistem yang dapat memberikan pelayan- an penanganan kegawatdaruratan medis yang terjadi di masyarakat secara terintegrasi dengan lintas sektor terkait, sehingga dapat mengurangi risiko kematian, kecacatan dan komplikasi yang tidak perlu terjadi sebagai akibat kegawatdaruratan medik yang terlambat ditolong ataupun salah pertolongan sebelum fase hospital, baik dalam kejadian sehari-hari maupun dalam kondisi bencana.
  1. Apa tujuan khusus YES 118 ?
Tujuan Khusus YES 118 adalah:
1). Masyarakat mendapatkan pertolongan pertama atas kasus kegawatdaruratan yang dialaminya secara cepat dan tepat
2). Masyarakat mendapatkan bantuan rujukan ke Rumah Sakit atas kasus gawat darurat yang dialaminya secara cepat dan tepat
3). Kasus gawat darurat yang terjadi mendapatkan penanganan medis dengan optimal.
4). Masyarakat mendapatkan jaminan pembiayaan rujukan dan perawatan 24 jam pertama di Rumah Sakit
5). Meningkatnya kemandirian masyarakat dalam penanganan kasus gawat darurat medis
  1. Rumah sakit mana saja yang terlibat dan bisa melayani gawat darurat dalam YES 118 ?
Rumah sakit yang terlibat/ bekerja sama :
  1. RSUD Kota Yogyakarta
  2. R.S. Bethesda Yogyakarta
  3. RSU Bethesda Lempuyangwangi
  4. R.S. DKT / R.S. Dr. Soetarto
  5. R.S. Happy Land Medical Center
  6. RSI. Hidayatullah
  7. R.S. Ludira Husada Tama
  8. R.S. Panti Rapih
  9. R.S. PKU Muhammadiyah
  10. RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta – sebagai R.S. Pusat Rujukan
  1. Bagaimana dengan Rumah Sakit Khusus (RSK) bisakah YES 118 melayani rujukan ke RSK ?
Saat ini YES 118 baru bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum (RSU) belum bekerja sama dengan Rumah Sakit Khusus (RSK), sehingga belum bisa melayani rujukan ke RSK.
  1. Pelayanan apa saja yang bisa diperoleh masyarakat melalui YES 118 ?
Jenis pelayanan yang bisa diperoleh masyarakat : Pemberian informasi kesehatan, tindakan pertolongan pertama dan rujukan kasus yang berkaitan dengan kegawatdaruratan medis
  1. Bagaimana ruang lingkup kegawatdaruratan yang bisa dilayani YES 118 ?
Kejadian kegawatdaruratan yang terjadi di wilayah kota Yogyakarta.
  1. Apakah yang dimaksud dengan Kegawatdaruratan Medis ?
Kegawatdaruratan Medis adalah keadaan gangguan kesehatan yang memerlukan penanganan segera yang ditandai dengan gangguan pernafasan, gangguan sirkulasi darah/ perdarahan dan gangguan kesadaran termasuk pada kehamilan dan persalinan.
  1. Jenis kegawatrdaruratan medis apa saja yang bisa dilayani YES 118 ?
Jenis kegawatdaruratan yang bisa diberikan bantuan rujukan adalah gangguan kesehatan yang berkaitan dengan gangguan sirkulasi darah/ perdarahan, gangguan pernafasan serta gangguan kesadaran termasuk masalah kesehatan yang berkaitan dengan kehamilan dan persalinan dengan indikasi medis pasien gawat darurat
  1. Bagaimana masyarakat bisa mendapatkan bantuan YES 118 ?
Cara mendapatkan pelayanan : Masyarakat dapat menghubungi nomor telepon 118 ( sementara melalui telepon kabell dan telepon Flexi).
  1. Mengapa tidak semua perusahaan operator bisa digunakan untuk menghubungi YES 118 ?
Saat ini perusahaan operator telepon yang sudah bekerja sama dengan Pemkot dalam pelayanan YES 118 baru perusahaan operator PT TELKOM.
  1. Siapakah yang menerima telepon dari masyarakat bila menghubungi 118 ?
Telepon akan diterima oleh pusat komunikasi YES 118 yang berkedudukan di PMI Cabang Kota Yogyakarta ( Jl. Tegalgendu 25 Kotagede- Yogyakarta).
  1. Kapan masyarakat bisa menghubungi 118 ?
Pusat komunikasi siap melayani masyarakat setiap hari selama 24 jam.
  1. Apakah semua telepon yang masuk ke 118 akan langsung dilayani ?
Pusat Komunikasi YES 118 akan melakukan konfirmasi atas telepon yang diterima dari masyarakat.
  1. Bagaimana bila pasien memerlukan rujukan ke Rumah Sakit ?
Apabila kasus/ pasien memerlukan rujukan ke rumah sakit, maka YES 118 akan menjemput Pasien dan merujuk ke RS.
  1. Apakah YES 118 akan langsung merujuk ke Rumah sakit yang terdekat ?
Pasien bisa memilih Rumah Sakit yang dikehendaki sebagai rumah sakit rujukan, apabila pasien tidak memilih RS yang dikehendaki, YES 118 akan merujuk ke RS yang siap menerima dan melayani pasien tersebut.
  1. Bagaimana dengan kasus yang ada termasuk kasus yang ringan ?
Apabila kasus yang terjadi masih bisa ditangani oleh masyarakat sendiri, YES 118 akan memberikan petunjuk/ arahan penanganan secara sederhana yang bisa dilakukan di rumah tangga atau di lokasi kejadian.
  1. Apakah masyarakat harus membayar bila membutuhkan pelayanan YES 118 ?
Pemerintah Kota Yogyakarta akan membantu menanggung pembiayaan kasus yang dilayani YES 118, khususnya bagi pasien yang tidak didampingi / tidak diketahui keluarganya.
  1. Bagaimana bila pasien dirujuk ke RS didampingi keluarganya ?
Pasien yang telah didampingi keluarganya akan dibantu biaya ambulansnya, sedangkan biaya di RS menjadi tanggung jawab keluarga pasien.
  1. Apakah semua kasus gawat darurat yang dirujuk ke RS akan ditanggung biayanya oleh Pemkot?
Pemerintah Kota Yogyakarta hanya menanggung biaya atas kasus kegawatdaruratan medis yang ditangani dalam koordinasi YES 118 dengan kejadian di wilayah kota Yogyakarta dan sekitrnya.
  1. Bagaimana pembiayaan atas kasus gawat darurat yang dirujuk oleh masyarakat sendiri ?
Pemerintah Kota Yogyakarta tidak menanggung biaya rujukan dan perawatan pasien yang bukan ditangani YES 118
  1. Biaya apa saja yang ditanggung Pemkot ?
Biaya yang ditanggung Pemkot :
  1. Biaya transportasi rujukan dari lokasi kegawatdaruratan sampai di RS
  2. Biaya tindakan dan Bahan Medis Pakai Habis (BMPH) selama dalam perjalanan ke RS
  3. Biaya selama 24 jam pertama perawatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS.
  1. Bagaimana caranya masyarakat mendapatkan pembiayaan atas kasus yang dialaminya?
Pembiayaan akan diurus oleh tim YES 118 yang merujuk ke RS dan Rumah Sakit yang menjadi tempat rujukan, masyarakat tidak perlu mengurus sendiri
  1. Bagaimana dengan pembiayaan selanjutnya ?
Pembiayaan selanjutnya setelah 24 jam pertama akan menjadi tanggungan pasien/ keluarga atau badan asuransi sesuai kepesertaan pasien.
  1. Bagaimana dengan pasien pemegang asuransi kesehatan ?
Bagi pasien yang mempunyai jaminan pemeliharaan kesehatan (Askes, Jamkesmas, Jamkessos, Jamkesda, Jamsostek atau lainnya) biaya perawatan akan dibebankan pada badanasuransi/ penjamin yang bersangkutan
  1. Bagaimana dengan kasus akibat kecelakaan lalu lintas ?
Biaya untuk kasus yang terjadi karena kecelakaan lalu lintas ( bukan kecelakaan tunggal ), akan ditanggung Jasa Raharja.
  1. Apakah masyarakat dari luar wilayah kota Yogyakarta dapat menghubungi YES 118, dapatkan YES 118 memberikan bantuan ?
Apabila YES 118 menerima telepon dari masyarakat di luar wilayah Kota Yogyakarta, YES 118 akan meneruskan ke Rumah Sakit yang terdekat dengan lokasi kejadian, RS tersebut yang akan memberikan bantuan
  1. Bagaimana dengan kasus gawat darurat medis yang dialami warga diluar kota Yogyakarta?
Kasus gawat darurat yang terjadi di luar wilayah kota Yogyakarta untuk sementara belum dapat dilayani karena YES 118 lebih difokuskan kepada tempat kejadian perkara (TKP) kasus yang terjadi di dalam kota Yogyakarta.

  1. RSUD Kota Yogyakarta Jl. Wirosaban No. 1 Telp. 371193
  2. R.S. Bethesda Yogyakarta Jl. Jend.Sudirman No.56 Telp.521249
  3. RSU Bethesda Lempuyangwangi Jl. Hayam Wuruk No. 6 Telp. 512257
  4. R.S. DKT / R.S. Dr. Soetarto Jl. Juadi No. 19 Telp. 562391
  5. R.S. Happy Land Medical Center Jl. Ipda Tut Harsono 53 Telp. 550060
  6. RSI. Hidayatullah Jl. Veteran No.184 Telp. 389194
  7. R.S. Ludira Husada Tama Jl. Wiratama No. 4 Telp. 520333
  8. R.S. Panti Rapih Jl. Cik Ditiro No 30 Telp. 514014
  9. R.S. PKU Muhammadiyah Jl. KHA.Dahlan No.20 Telp. 512653
  10. RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta – sebagai R.S. Pusat Rujukan

 Ada masalah dengan pelayanan YES 118 ?
Hubungi : Dinkes Kota Yogyakarta
Jl. Prof.Dr. Sardjito No. 5 Telp. 515868/515869

Terjadi kegawatdaruratan medis ?
Hubungi YES 118

No comments:

Post a Comment